by

Lestarikan Ikon Tembakau Jember, PTPN X MoU Dengan BPN Jember

 

ENEWSINDO, Jember – Untuk melestarikan budidaya tembakau yang merupakan ikon Kabupaten Jember, PT. Perkebunan Nusantara X (PTPN X) yang bergerak di komoditas tembakau menjalin kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jember.

Penandatangan MoU tersebut di laksanakan di kebun tembakau milik PTPN  X Di TBN X penataran Curah Rejo D Kecematan Jenggawah, Jember Sabtu pagi, (11/06/2022).

Kepala BPN Jember Akhyar Tarfi, S.Sit., M.H. menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan upaya untuk menyelamatkan ikon tembakau di Kabupaten Jember.

“Kita pada hari ini melakukan kerja sama terkait dengan pengamanan dan juga penyelamatan aset BUMN yang di kelola PTPN X karena masih banyaknya permasalahan yang sampai saat ini masih belum terselesaikan” Ungkapnya

Ket: Kepala BPN Jember Akhyar Tarfi (tengah) di dampingi General Manager PTPN X Kebun Ajong Gayasan Dwi Apilla Sandy (Kiri)


Akhyar menambahkan kegiatan penandatanganan ini memang sengaja di lakukan di tengah kebun tembakau milik PTPN X

“Agar masyarakat tahu bahwa tembakau itu harus dilestarikan dan ini merupakan salah satu tujuan kami dalam menjaga heritage (warisan) yang ada di Jember yang kian tahun semakin berkurang” imbuhnya

Kedepanya BPN Jember akan melakukan beberapa upaya untuk mengamankan dan menyelamatkan aset yang ada di PTPN X.

“Berdasarkan data di BPN Jember saat ini ada 700 titik aset yang masih belum terdata dengan baik, ini akan kita lakukan identifikasi dan inventarisasi seluruh aset yang ada dan tahun ini kita akan tuntaskan baik itu pemetaan dan juga sertifikasinya”tambah Akhyar.

Sementara Itu General Manager PTPN X Kebun Ajong Dwi Aprilla Sandy saat ini PTPN X mengelolah 650 Ha lahan dengan target 1000 ton tembakau yang akan di ekspor.

“Kami ucapkan terima kasih BPN jember yang telah berkenan hadir dalam kegiatan ini, tentunya ini merupakan sinergi yang baik berkaitan dengan pengamanan aset PTPN X yang sangat penting karena ini merupakan modal dasar perusahaan kami  dalam produksi kedepanya” kata Sandy

Kembali ke BPN , Akhyar Kepala BPN Jember berharap dukungan Pemkab Jember dalam menjaga ikon tembakau di Jember.

“Kami mohon dukungankepada bapak Bupati supaya program kami ini bisa berjalan dengan lancar, ikon tembakau di Jember tetap lestari dan tentunya untuk kesejahteraan masyarakat Jember terutama para petani tembakau di Jember “Pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *