by

PTPN XII Komitmen Dukung Program Swasembada Gula Nasional Siapkan 910.000 ton Tebu

BANYUWANGI enewsindo.co.id- Guna mendukung program Swasembada Gula Nasional PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII meyiapkan 910.000 ton tebu dari luasan lahan 11.250 Hektar dengan tebu yang siap dipanen .

Dalam kegiatan Selamatan tebang tebu dilakukan doa bersama serta pemberian santunan kepada anak yatim piatu di sekitar wilayah kerja kebun Kalitelepak.
Pemotongan tumpeng dan penebangan tebu perdana serta pelepasan armada angkut secara sibolis dilakukan oleh SEVP Operation PTPN XII, Ir.Yualianto sebagai tanda dimulainya
Kegiatan tebang perdana tahun 2023 yang dilakukan di kebun Kalitelepak afdeling Porolinggo, Kecamatan Glenmore, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/5).

Tampak hadir dalam acara selamatan, SEVP BUSINESS SUPPORT – Tri Septiono, S.P. Muspika Glenmore, tokoh agama, tokoh masyarakat, Manager kebun wilayah Banyuwangi serta wakil ketua DPRD Banyuwangi.

Ir. Yualianto melakukan Tebang tebu perdana

Selanjutnya Yualianto juga menyampaikan, sebagai holding perkebunan yang diberikan amanah untuk mewujudkan dan mensukseskan program pemerintah swasembada gula nasional.

PTPN XII melalui kebun Kalitelepak, pada musim Tebang Muat Angkut (TMA) 2023, telah menyiapkan bahan baku yang berkualitas dengan mutu yang Manis, Bersih dan Segar (MBS).

“Dari tahun sebelumnya ada peningkatan. Ini merupakan tekad kami untuk mendukung program pemerintah untuk swasembada gula nasional,” ujar Yualianto.

Menurut Yualianto, kontribusi PTPN XII dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan swasembada gula, pihaknya meyiapkan bahan baku tebu (BBT) yang terus meningkat. Pada tahun 2023.
Lahan yang siap panen diprediksi menghasilkan bahan baku sebanyak 910.000 ton.

“Ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya memanen sekitar 8000 hektar. Pada tahun 2030 nanti kita targetkan mencapai 17.000 hektar,” jelasnya.

Sementara Manajer Kebun Kalitelepak, Hastudy Yunarko SP, menjelaskan TMA 2023 pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu untuk mensukseskan musim panen tebu tahun 2023. Dengan komitmen menyiapkan bahan baku MBS, hasil panen tebu 100 persen akan disuplai ke Pabrik Gula Glenmore.

“Kita telah melakukan pendataan dan perhimpunan untuk mempersiapkan TMA 2023. Semoga semua berjalan lancar dan sukses,” tuturnya.

PTPN XII Kebun Kalitelepak, juga berkomitmen mendukung cita-cita untuk mewujudkan program pemerintah swasembada gula, dengan menyiapkan bahan baku berkualitas dan sarana prasarana untuk mensukseskan TMA 2023.

“Kita sudah selesaikan semuanya, dan semua sudah siap support untuk mensukseskan TMA 2023,” tambahnya.

Ditempat yang sama, General Manajer Pabrik Gula Glenmore, Ir. H. Yus Martin, menghadapi TMA 2023 Pabrik Gula Glenmore, juga telah menyiapkan segala sarana dan prasarana untuk mensukseskan musim giling 2023.

“Kita sudah siap untuk memproduksi gula. Progresnya telah mencapai 100 persen,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *