by

Lava Band Ajak Kita Bernostalgia Di Era Keemasan Musik Rock 90-an

ENEWSINDO, Jember – “My Way 17 Anniversary Music” Begitulah tema yang di angkat grup band Lava asal Jember, Jawa Timur dalam konser mereka yang di adakan di Kota Cinema Mall pada Sabtu, (28/05/2022) kemarin.

Dalam acara musik tersebut juga dimeriahkan beberapan band seperti Bulldogs, Chorus, Se-leng,dan Maju Jalan.

Sedikit cerita tentang Lava Yang merupakan grup musik rock yang sempat meramaikan panggung di Jember pada tahun 1990an, dibentuk pada 3 Juni 1995.

Tahun 1995-1998 bisa dianggap sebagai tahun-tahun keaktifan mereka. Karena pada kurun tahun tersebut berbagai macam gelar festival music di Keresidenan Besuki dan Jawa Timur serta the best player berhasil diraih oleh Lava.

Obed yang merupakan Drumer Lava menceritakan ke pada media tentang awal terbentuknya Lava.

Ket: Obed Drumer Lava

“Berdirinya Lava berawal dengan kembalinya Danar (Guitarist) setelah cukup lama merantau ke Bali sebagai musisi berangan-angan membentuk band sendiri di Jember untuk memainkan music rock. Dia kembali dari Bali setelah merasa jenuh bermain dari café,hotel dan restaurant dengan membawakan lagu-lagu Top 40,Reggae dan Pop. Sebelum menggunakan nama Lava,Band ini sempat beberapa kali mencoba nama yang lain dengan personil yang selalu berbeda pada posisi guitaristnya. Tercatat kami pernah memakai nama Mouth Shed pada saat pemain gitar di isi oleh Dicky,kemudian mencoba berganti nama lain menjadi Hooligans hingga dirasa pas dan cocok menggunakan nama LAVA. Nama Lava di anggap cocok karena mewakili genre music yang dimainkan dengan berbasis Rock yang garang dan juga untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa dimana kemunculannya hanya pada moment tertentu saja hingga memberikan kesan” ungkap Obed.

Ket : Ester Lavilla Band Ikut Memeriahkan Konser Lava

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Lava adalah :

– Juara 2 Festival Music Jawa-Bali di Universitas Muhamadiyah Jember 1995.

– Juara 2 Seant Music Festival di Malang 1996.

– The Best Drummer ABA Art Fest di Jember 1995.

– The Best Guitarist Festival Music di Universitas Muhamadiyah Jember 1997

– Juara 3 Festival Musik Se Jawa Timur 1998 di Bondowoso pada saat mewakili organisasi ABS Jember.

– Dan beberapa kali menjadi Guest Star event music kampus di Jember.

Hingga saat ini personil Lava Band tidak pernah berubah,

– Tono (Vocal)

– Budi (Bass)

– Danar (Guitar)

– Obed (Drum)

Additional Players:

– Anjas (Bass)

– Harto (Rhytem Guitar & Vocal)

– Edi (Vocal)

– Yongki (Bass)

– Ester (Special Featuring)

 

Danar sebagai gitaris Lava menceritakan makna dari tema acara musik kemarin.

Ket: Danar Gitaris Lava

“ My Way itu bermakna jalanku/caraku,

17 itu adalah usia anak saya Tita yang mulai beranjak dewasa, Sementara Anniversary music dapat diartikan perayaan/memperingati dalam arti luas , momen ini saya manfaatkan untuk merayakan ulang tahun anak saya sekaligus bermusik bersama rekan – rekan yang selama ini sudah vakum secara grup agar bisa ngumpul sambung silaturahmi dalam acara ini” Ujar Danar.

Obed Menambahkan “Terkhusus My Way memiliki arti seng lebih penting untuk jalan hidup semua anggota Lava yang penuh dinamika dan drama proses yang panjang berdarah – darah sampai bisa ke titik saat ini, Ya ini Hidupku Kujalani Dengan Caraku “ Imbuhnya

Kemudian Danar mengungkapkan.

“Seiring dengan semakin bertambahnya usia dan dekatnya hubungan antar personil maka rasa kekeluargaanlah saat ini yang menjadi utama. Karena hal itu akan menjadikan lebih berharga daripada hanya sekedar trophy dan sertifikat festival” ujarnya

Terakhir Danar mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat baik itu vendor , semua band terlibat dan seluruh pengunjung yang hadir.

“Kedepanya kami akan mulai aktif kembali untuk berkarya dan merilis single terbaru kami, mohon doa restunya ”pungkasnya (njas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *