by

Bangkitkan Jiwa Nasionalisme, Kaum Emak-Emak di Desa Ajung Siap Gelar Upacara Bendera 17 Agustus

ENEWSINDO.co.id,Jember-Dalam rangka menyambut peringatan HUT Indonesia yang ke 77 warga dusun Laoksabe, desa Ajung, kecamatan Ajung antusias menggelar berbagai acara. Salah satunya adalah jalan santai. Kegiatan yang dipelopori oleh kaum Hawa “emak-emak” ini juga akan menggelar upacara bendera pada acara puncak 17 Agustus mendatang.

Ketua RW 2 Laoksabe Pak No, kegiatan ini dalam rangka untuk memperat tali silaturrahim antara sesama warga, dengan mengangkat tema *guyub rukun sak tonggoan* agar sesama tetangga bisa saling memacu rasa  kepedulian, yang baik secara ekonomi bisa saling membantu yang lemah.

Ia menjelaskan bahwa dinamika masyarakat di dusun tersebut semakin komplek, ada unsur kepemudaan yaitu relaksa (remaja laoksabe), ada unsur pembinaan kepemudaan binaan perusahaan travel Surya Arie Jaya (SAJ) yg berkantor di laoksabe.

“SAJ peduli yang fokus bidang kemanusiaan dan sosial, ada kelompok pemuda penghobby sound mini, los dol, ada juga paguyuban emak2 Laoksabe, ada unsur tokoh masyarakat, maka dengan adanya kegiatan ini bisa saling bersinergi dan bisa saling mengisi sesuai misi dan visi mereka untuk kemajuan laoksabe,” jelas pak No, Senin (8/8) di kediamnya di Dusun Laoksaba.

“Karena kami yakin terlepas pro kontra masing- masing kelompok tadi, tujuannya sama-sama ingin berbuat untuk masyarakat laoksabe, selama tujuannya positif kami mendukung, apalagi dilakukan dengan aksi nyata. Saya sebagai perangkat mulai RW, RT, BPD akan terus memantau dan akan memberikan bimbingan dan mendukung selama tujuannya itu positif, kami seluruh  perangkat sebagai bapak lingkungan, hanya bisa menaungi dan mengarahkan tanpa membeda-bedakan kelompok yang ada,” tuturnya.

Sementara menurut ketua Panitia Ayu, menjelaskan tujuan diadakan kegiatan termasuk upacara bendera salah satunya untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, ada beberapa tujuan upacara bendera lainnya yang perlu dipahami adalah kekompakan, dan rasa nasionalisme agar selalu ada di diri setiap warga dari segala lini.

Menurutnya kegiatan yang akan digelar itu adalah hal baru khusunya di dusun Laoksabe. “Jadi kita kemas dengan langsung dilanjutkan dengan JJS berhadiah/doorprize agar warga lebih antusias mengikuti acara ini, namun penyedian hadiah, kami selaku pelaksana dari awal, tidak mau membebani masyarakat dengan tarikan iuran atau sumbangan untuk acara ini. ya Alhamdulillah kami dapat support dari salah satu perusahaan yang ada di Laoksabe, sehingga doorprize serta hal- hal kebutuhan acara di support penuh oleh perusahaan tersebut,” ungkap Ayu.

“Kegiatan ini untuk umum di lingkungan dusun khusunya laoksabe, seluruh warga laoksabe dari RT 01,02 dan 3 tanpa terkecuali tua maupun muda, dibuka untuk umum agar kegaiatan Laoksabe lebih dikenal orang luar,” harapnya.

Arie owner SAJ sponshor utama pelasanaan kegiatan ini berharap kepada pelaksana kegiatan untuk tidak melakukan tarikan sumbangan ke warga dan membebani warga.

“Terkait acara ini, jangan ada tarikan dengan dalih doorprise atau kebutuhan-kebutuhan acara, karena SAJ siap memback up pendanaan sepenuhnya,” jelas Arie.

“tujuannya demi untuk kekompakan dan kerukunan warga sekitar, dalam 1 tahun sekali, total budget untuk doorprise kita budgetkan senilai Rp. 2 juta, mungkin ditambah dengan beberapa pengusaha atau donator di laoksabe mau menambah budget doorprise, panitia bisa koordinasi degan beberapa pengusaha di laoksabe,” ujarnya. (ec)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *