by

Wartawan di Jember Gruduk Kantor Kominfo

ENEWSINDO.co.id, Jember– Sejumlah wartawan media online dan cetak mendatangi Kantor Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Jember, di jalan Nusantara 2, Kecamatan Kaliwates, Jumat (23/9) pagi. Kedatangan mereka untuk menanyakan sekaligus mendesak kepada Dinas Kominfo agar segera melakukan pembayaran uang tunggakan kepada beberapa media yang ikut kerjasama (mitra) dengan Pemkab Jember tahun anggaran 2021.

Mereka menagih sesuai haknya kepada Kominfo sebagai Dinas yang bertanggung jawab atas persoalan ini.

Kepala Biro Jember Harian Duta Masyarakat Ihya Ulumuddin, yang juga ikut mendatangi kantor dinas tersebut menyampaikan bahwa selama ini Kominfo hanya memberi janji-janji kepada para wartawan. Namun, hingga kini tunggakan tersebut tidak juga dibayar. Meski sebelumnya pihak kominfo juga meminta untuk mengirimkan surat penagihan kepada masing-masing media dan sudah dipenuhi.

Padahal kata Ihya Ulumuddin yang juga ketua Organisasi Wartawan lokal di Jember, tanggung jawab media sebagai mitra dengan Pemkab sudah terselesaikan semua.

“Kami menagih hak kepada mereka sebagai mitra (kerjasama) media. Yang seharusnya pembayaran uang kerjasama itu sudah lunas di anggaran tahun sebelumnya oleh Pemkab namun, hingga kini belum dibayar juga,” ujar Pria yang akrab disapa Udik.

Sementara menurut Edy Winarko Kepala Biro Memorandum Jember kedatanganya tidak hanya menagih tunggakan uang kerjasama, namun kata ia, dirinya juga meminta agar Kominfo bersikap adil. Dan memenuhi sesuai dengan janji Bupati sekarang (Hendy Siswanto), bahwa untuk media di Jember akan mendapat kesempatan bekerjasama dengan Pemkab.

“Namun faktanya tidak seperti yang diucapkan. Entah atas dasar apa kami juga tidak tahu,” keluh Edy.

“Kalau hanya beralasan anggaran tahun 2022 tidak cukup untuk bekerja sama (MoU) semua media yang ada di Jember, maka seharusnya Pemkab yakni Kominfo dalam hal ini, seharusnya juga memberi kesempatan kepada media lain yang tidak mendapat kerjasama tahun sebelumnya. Sehingga benar-benar adil dan sesuai janji Bupati,” tambahnya. (ec)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *