by

Satlantas Polrestabes Surabaya Pemusnahan Knalpot Brong.

SURABAYA enewsindo.co.id – Jelang perayaan tahun baru 2024 Satlantas Polrestabes Surabaya memusnahkan knalpot brong di Satpas Colombo Sabtu 30/12/2024 sekira jam 15.30 WIB.

Sejumlah barang bukti knalpot brong yang telah dimusnahkan adalah hasil operasi cipta kondisi yang dilakukan Satlantas Polrestabes Surabaya menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Puluhan knalpot brong dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin gerinda. Supaya masyarakat dapat mengetahui keseriusan anggota kepolisian dapat memberantas pemuda yang melakukan aksi balap liar.

Knalpot brong ini adalah sebuah fenomenal karena tidak lepas sebuah pelanggar lalulintas di Jalan Raya, hal ini meresahkan masyarakat dan ada pemuda yang akan dipukul oleh warga setempat karena membising knalpot brong. Dan banyak masyarakat terganggu sekali waktu jalan raya.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman didampingi oleh Kasat Samapta AKBP Teguh, Kepala Dishub, dan Kepala Satpol PP, memberikan penjelasan kepada awakmedia terkait adanya berhasil menyita puluhan knalpot brong yang telah meresahkan masyarakat.

“Saya terima kasih kepada masyarakat sudah tertib di jalan raya dan sudah menghimbau kepada kerabatnya dan anaknya sudah peduli untuk tidak dapat menggunakan knalpot brong meskipun dibuat ngebut-ngebutan ataupun balap liar karena dapat meresahkan masyarakat dan dapat menimbulkan masalah baru” Katanya AKBP Arif Fazlurrahman.

Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana disebut dalam pasal 106 oyat (3) juncto pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Pemusnahan knalpot brong dengan dirusak bertujuan agar tidak ada lagi pemakaian knalpot dengan suara bising yang meresahkan masyarakat saat merayakan hari tahun baru.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga suasana aman selama natal dan tahun baru, serta mewujudkan situasi kantibmas yang nyaman dan damai di wilayah Polrestabes Surabaya” ujarnya.

AKBP Arif Fazlurrahman juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan memastikan keamanan rumah dan lapor ke RT jika meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Masyarakat juga diimbau bisa merayakan malam pergantian tahun dengan tertib.

barang bukti yang dimusnakan sebanyak 2064 knalpot brong. Kegiatan pemusnahan barang bukti knalpot brong ini sebagai upaya Cipta Kondisi Operasi Lilin semeru 2023. Agar terciptanya suasana nyaman, tenang dan hikmat untuk saudara -saudara umat Nasrani yang merayakan natal, serta masyarakat yang akan merayakan pergantian akhir tahun 2023.

Sebagaimana diketahui knalpot racing atau brong menghasilkan polusi suara yang sering kali melanggar ketentuan standar kebisingan. Hal ini diatur dalam UU Lalu Lintas tahun 2009.

Proses pemusnahan barang bukti dilaksanakan dengan cara dipotong dan dihancurkan agar tidak dapat dipergunakan ataupun dipasang lagi dikendaraan roda dua. Hal ini dilakukan secara terbuka dan diliput oleh media sebagai keterbukaan publik.

Polrestabes Surabaya juga akan membuat sebuah monumen patung jogo Suroboyo supaya dapat mengetahui oleh masyarakat bahwa banyak knalpot brong yang telah diamankan. Semoga dalam sebuah kreatifitas membuat monumen jogo Suroboyo dapat diresmikan oleh Bapak Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Satlantas Polrestabes Surabaya akan melakukan patroli setiap wilayah Surabaya. Patroli akan dilaksanakan pada jam 05.00 WIB sore sampai pagi, supaya tidak dapat menimbulkan kerusuhan pada malam perayaan tahun Baru.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk merayakan perayaan Tahun Baru di dalam rumah saja bersama keluarga, jangan sampai melakukan konfoi dijalan raya karena dapat terganggu. Pada malam tahun baru masih ada menggunakan knalpot brong akan kami sita supaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada warga Surabaya tercinta ” Imbuhnya.(djat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *