by

Kadis Pariwisata Jember Apresiasi Museum Huruf

ENEWSINDO.co.id, Jember-Museum Huruf ini Jember didirikan pada tahun 2016 atas prakarsa dari Ade Sidiq Permana dan Erik Wijayanto, bersama dengan Komunitas Rumah Desain Mix Media Jember. Terletak di Jl . Bengawan Solo no. 27 Tegal Boto Lor kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Menurut Erik museum ini berdiri atas dasar persamaan kegelisahan dan keinginan pendiri untuk dapat menciptakan ruang media dialektika generasi penerus bangsa dan semangat untuk melestarikan aksara nusantara. Selain itu untuk membuka wawasan mengenai sejarah dan perkembangan aksara, beserta kebudayaan yang menjadi asal aksara tersebut berada.

Dalam kesempatan mengunjungi Museum Huruf pada peringatan hari jadi museum Huruf Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember Harry Agus Triono memberikan apresiasi kepada.

Museum Huruf Jember yang hadir sebagai sarana pembelajaran tentang aksara dan bahasa yang digunakan oleh manusia, lengkap dari aksara awal di Nusantara hingga saat ini.

“Saya baru tahu bahwa Jember memiliki museum huruf,” ujarnya pada Selasa ,30/8/2022.

“Museum huruf ini tidak semua ada di setiap daerah , yang saya tahu satu satunya yang ada di Indonesia. Kita punya museum yang sangat unik yang perlu dibanggakan” paparnya.

Hary Juga berharap kedepannya di dapat dijadikan tempat diskusi dan bicara aksara serta sejarahnya karena merupakan peradapan yang perlu dilestarikan.
Selanjutnya akan dihubungkan dengan pihak terkait di pemkab Jember .

Rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun museum Huruf ke 5 ini dimeriahkan oleh Komunitas Musisi Jember ( KMJ ). (ec)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *