by

Cagar Budaya Gerdupapak Jombang Bergaya Milenial, Diresmikan

Enewsindo, Jombang – Wakil Bupati Jombang Sumrambah resmikan bangunan cagar budaya Gerdupapak yang telah usai di revitalisasi oleh Kelompok Masyarakat Peduli Budaya Dusun Parimono, Desa Plandi, Jombang, Sabtu (26/2/2022).

Giat yang dilakukan terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan ini, dibuka dengan Khatmil Qur’an dari santri Pondok Pesantren Nurul Jadid, dilanjutkan pembacaan tahlil dan kirim do’a kepada para leluhur, dilanjutkan giat pemotongan tumpeng dan ceremonial peresmian dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Jombang, dilanjutkan pagelaran monolog besutan dan ditutup pengajian umum oleh KH. Nurhadi atau Mbah Bolong.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Jombang Donny Anggun, Kepala Desa Plandi Dwi Priyanto, Jajaran perangkat desa, seluruh pengurus Kelompok Masyarakat Cagar Budaya, Tokoh Masyarakat Parimono Muhammad Masrur, tokoh agama, budayawan Jombang Cak Nas dan masyarakat Desa Plandi.

Wakil Bupati Jombang Sumrambah dalam sambutannya menyampaikan, lambang Gerdupapak sudah terbangun kembali, harapan kedepan Dusun Plandi Desa Parimono ini menjadi desa yang makmur.

” Alhamdulillah lambang Gerdupapak sudah terbangun kembali. Semoga Plandi menjadi desa yang makmur, rukun barokah “, ujarnya

Sumrambah juga mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Plandi khususnya dan masyarakat Jombang umumnya agar tetap mengedepankan kerukunan, membangun desa, kabupaten dan Bangsa Indonesia.

” Ayo podo rukun membangun desa, membangun Kabupaten serta membangun Bangsa besama-sama “, tuturnya

Ditempat sama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang Donny Anggun juga menyanpaikan pesan kepada masyarakat Jombang, untuk saling melestarikan dan menjaga cagar budaya, salah satunya peninggalan Gerdupapak ini.

” Semoga desa plandi kedepan menjadi semakin aman, spiritnya masyarakat dalam bergotong-royong luar biasa, semua ini untuk menuju kesejahteraan. Mari sama-sama dijaga jangan dicoret-coret ikon Gerdupapak ini “, sampainya

Sementara itu, Kepala Desa Plandi Dwi Priyanto sampaikan terimakasih kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jombang Donny Anggun, atas kepeduliannya terhadap cagar budaya yang ada di Dusun Parimono, Desa Plandi, serta telah menjadi aspirator melalui pokok pikiran Dewan, sehingga bantuan anggaran untuk revitalisasi Gerdupapak dan pembangunan gapura bisa cair melaluianggaran yang bersumber dari P-APBD Kabupaten Jombang Tahun 2021.

” Kami sampaikan terimakasih kepada Pak Donny, telah memberikan Pokirnya kepada masyarakat Dusun Plandi, sehingga revitalisasi Gerdupapak bisa terealisasi “. pungkasnya (nov)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *