Detail Berita

Pendidikan & Teknologi

Kementerian PANRB Hadirkan Public Service Day, Permudah Layanan Publik

Pewarta : Evelyn

20 Agustus 2025

11:23

Salah satu pegawai pengguna layanan Publik Servis Day

JAKARTA, enewsindo.co.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 80 gelar Public Service Day berbagai layanan. 


Dengan diterapkannya Omnichanel ini harapannya, aksesibilitas, efisiensi dan kualitas layanan terhadap masyarakat meningkatkan, mudah dan berkualitas.


Diketahui, saat ini Kementerian PANRB berkomitmen mengoptimalkan ekosistem pelayanan publik mencakup penguatan strategi Multikanal (Omnichannel) dengan empat pendekatan utama. 


Pertama interaksi langsung tatap muka fisik antara pelaksana dan penerima layanan. Kedua pelayanan bergerak atau jemput bola mendekati lokasi penerima layanan, 


Ketiga, pelayanan yang dibuat sendiri dengan bantuan mesin mandiri dan keempat pelayanan yang dilakukan dalam jaringan melalui sistem informasi. 


Layanan ini bertujuan memberikan optimalisasi pelayanan kepada pegawai, sehingga pegawai merasa nyaman serta tidak terlalu jauh ke kantor pelayanan.


“Saat ini Kementerian PANRB sudah membangun lebih dari 270 Mal Pelayanan Publik, di mana rata-rata satu Mal Pelayanan Publik itu mengintegrasikan lebih dari 100 layanan," terang Menteri PANRB Rini Widyantini, Selasa (19/8/2025).


Penyelenggaraan Public Service Day ini lanjut Rini, terinspirasi dari konsep Mal Pelayanan Publik (MPP), dimana masyarakat dapat mengakses berbagai layanan dalam satu lokasi terpadu. 


"Pendekatan layanan ini juga bisa mengefisienkan waktu, tenaga, serta pikiran dalam mengakses pelayanan publik," ujar Rini.


Salah satu pegawai Akbar Putra Nugraha mengatakan, hal ini cukup membantu, apalagi untuk orang yang merantau, tidak lagi menunggu jam kerja untuk mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan


"Sehingga kalau saya mau ngurus SIM atau pembayaran STNK itu bisa di kantor, memudahkan saya sih,” ucapnya.


Nur Indah Prabawati Putri, salah satu pegawai mengungkapkan, pelayanan yang disuguhkan dalam Public Service Day sangat mempermudah untuk pegawai mengurus keperluan administrasi yang tidak punya cukup waktu di luar jam kantor.


“Aku senang banget ya ada pelayanan yang datang ke kantor seperti ini memudahkan untuk kita jadi enggak perlu ambil cuti terus jadi memudahkan aja sih,” Pungkasnya.


Nampak, Antusiasme yang begitu besar dari para pegawai semakin memotivasi Kementerian PANRB untuk terus menghadirkan layanan sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan.


Diketahui layanan Public Service Day yang selenggarakan Kementerian PANRB antara lain samsat keliling, perpanjangan SIM, perpanjang STNK, dan Layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital.



Tags :

Ikuti Kami :

Komentar