by

Upaya Peningkatan Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember”Tegur Kami Jika Tidak Ramah”

JEMBER – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim terus berupaya secara konsisten meningkatkan pelayanan dengan berorientasi kepada kepuasan masyarakat. Terbukti sejak tahun 2021 sampai sekarang sudah banyak inovasi layanan yang sudah dinikmati oleh masyarakat pengguna layanan keimigrasian. Sebut saja salah satunya adalah layanan inovasi yang bernama PAPUMA (Pelayanan Paspor ke Rumah) yang memberikan kemudahan bagi pemohon paspor yang sedang sakit agar tidak perlu ke kantor dalam mengurus paspornya, sebaliknya petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim yang akan mendatangi lokasi pemohon paspor. Tak hanya itu, inovasi layanan Eazy Passport juga mulai menjadi idaman, lantaran cukup mengumpulkan minimal 50 (lima puluh) pemohon paspor maka petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim yang akan mendatangi lokasi yang telah disepakati.

Inovasi layanan tersebut bukan satu-satunya upaya yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Penanaman nilai-nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, SInergi, Transparan, Inovatif) dan slogan-slogan seperti “Ciptaaghi Layanan she-Nyaman” juga menjadi prinsip dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Nilai-nilai tersebut di-glorifikasi-kan dalam setiap apel pagi, rapat, bahkan ditempel dan diletakkan di seluruh area pelayanan baik pelayanan paspor (dokumen WNI) maupun pelayanan Izin Tinggal (dokumen WNA) agar bisa selalu diingat dan dipedomani oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim.

Baru-baru ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim juga membuat pin yang bertuliskan “TEGUR KAMI JIKA TIDAK RAMAH” yang wajib dipasang pada seragam seluruh ASN setiap harinya. Hal itu bertujuan agar masyarakat pemohon layanan keimigrasian juga memiliki peran dalam mendukung upaya peningkatan kualitas layanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim. Jika ada petugas yang tidak ramah, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim berkomitmen untuk menerima teguran maupun saran dan kritik dari masyarakat. “Dengan adanya pin tersebut, kesannya petugas Imigrasi sudah gak serem kayak dulu”, pungkas Nani, salah seorang pemohon paspor.

Sejak tahun 2021, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim sedang gencar-gencarnya berbenah untuk mendukung perubahan besar di ranah Reformasi Birokrasi sesuai dengan amanat Presiden RI. Pembangunan Zona Intergritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) menjadi tujuan utama agar manfaat positifnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dalam wujud kemudahan, kenyamanan pelayanan birokrasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim dan dirasakan pula oleh ASN Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim dalam peningkatan etos kerja yang berorientasi kepada kepuasan masyarakat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *