by

PTPN XII Kembangkan Pasar Kopi Internasional

ENEWSINDO,JEMBER – Kebun Gunung Gumitir adalah salah satu unit kerja PT Perkebunan Nusantara XII yang berlokasi di wilayah pegunungan Gumitir tepatnya Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

 

Kebun Gunung Gunitir menjadi salah satu kebun penghasil komoditi Kopi Robusta selama bertahun-tahun. Total area konsesi seluas 1.165,72 ha dengan bidang usaha yaitu budidaya dan pengolahan Kopi Robusta, budidaya aneka kayu serta agrowisata.

 

Menurut Manager kebun Gunung Gumitir Ganang Hadi Pantara , pemeliharaan yang tepat serta manajemen budidaya yang efektif akan menghasilkan buah Kopi Robusta terbaik. Pengolahan dengan sistem wash process didukung dengan pengawasan yang ketat di setiap penggal proses demi menjaga standar mutu biji kopi berkualitas ekspor yang menjadi komoditi andalan PT Perkebunan Nusantara XII. Konsistensi mutu dan kontinuitas pasok Kopi Robusta menjadi salah satu tantangan pasar kopi global.

Produk Kopi Robusta Gunung Gumitir telah menembus pasar ekspor di kawasan Eropa terutama di negara Itali.

 

Seiring berkembangnya situasi dan tuntutan pasar produk Kopi Robusta diwajibkan mengantongi sertifikat khusus yaitu UTZ Kapeh yang saat ini melebur menjadi satu dengan sertiikasi Rainforest Alliance. Disamping mendapatkan kopi berkualias baik, konsumen global mempersyaratkan kebun-kebun produsen kopi tersertifikasi Rainforest Alliance. “Sertifikasi ini menjadi tolak ukur bahwa kopi tersebut diproduksi di kebun yang memperhatikan konservasi alam, kesejahteraan pekerja, menggunakan bahan aktif yang tidak dilarang/berbahaya serta kepedulian terhadap kesehatan lingkungan dengan tujuan utama yaitu sustainability atau keberlangsungan perkebunan di masa depan ” paparnya.

 

Seluruh kebun kopi baik Robusta dan Arabika diwajibkan tersertifikasi Rainforest Alliance sebagai salah satu upaya PT Perkebunan Nusantara XII dalam mengembangkan dan menjaga loyalitas pasar kopi internasional.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *