by

Petani Toba Inginkan Pemerintah Dirikan Pabrik Seperti PT. Mitratani Dua Tujuh

TOBA enewsindo.co.id-

PT Mitratani Dua Tujuh berpartisipasi dalam kegiatan Toba UMKM Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dalam rangka mendukung penyelenggaraan event internasional F1 Powerboat Championship 2024 pada tanggal 1 – 3 Maret 2024 di Danau Toba yang bertempat di Balai Adat Monumen DI Panjaitan, Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

Sebagai anak perusahaan dari PT Perkebunan Nusantara I (Supporting Co) Holding Perkebunan, PT Mitratani Dua Tujuh berpartisipasi dengan membuka stand booth untuk mempromosikan produk-produk unggulan perusahaan termasuk produk-produk binaan UMKM yang akan di-launching tahun ini.
Selain itu, PT Mitratani Dua Tujuh juga berkesempatan mengisi rangkaian acara talkshow dengan melibatkan kelompok tani Toba untuk memperkenalkan perusahaan di wilayah Sumatera Utara.

Hadir secara langsung Direktur PT Mitratani Dua Tujuh, Tumbas Ginting yang memperkenalkan PT Mitratani Dua Tujuh sebagai entitas cucu perusahaan dari BUMN yang bergerak di bidang agroindustri hilirisasi sayuran beku, mulai dari kegiatan pembenihan, budidaya di lahan, proses pengolahan di pabrik, hingga pemasaran produk.

“PT Mitratani Dua Tujuh merupakan pabrikasi sayuran beku di Indonesia yang memiliki konsep bisnis bermitra dengan petani, dimana kami bertindak sebagai off-taker untuk membeli hasil produksi petani dengan harga yang pasti disertai pendampingan yang intensif sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani. Selain itu sebagai perusahaan padat karya kami juga menyerap ribuan tenaga kerja dari masyarakat sekitar ” ungkap Tumbas Ginting.

Antusiasme sangat tinggi ditunjukkan oleh para audience yang mayoritas berasal dari kelompok petani di Kota Balige yang sangat tertarik dengan konsep dari PT Mitratani Dua Tujuh untuk memajukan pertanian Indonesia khususnya kesejahteraan petani. Bahkan ada beberapa petani yang siap menawarkan lahan di daerahnya secara cuma – cuma untuk dimanfaatkan sebagai lahan percontohan dan berharap ada perusahaan sejenis seperti PT Mitratani Dua Tujuh yang bisa berdiri di Kabupaten Toba.

Senior Executive Business Support PT Mitratani Dua Tujuh, Sihur Antoni menyambut dengan baik antusiasme para peserta dan siap untuk mengembangkan perusahaan di wilayah Kabupaten Toba dalam rangka membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan petani, hingga membina UMKM di wilayah sekitar dan tentu saja hal ini dibutuhkan peran besar dan dukungan dari seluruh stakeholder yang ada.

Selanjutnya pemaparan tentang produk-produk sayuran beku unggulan dari PT Mitratani Dua Tujuh, mulai dari edamame HYGREEN, okra, produk binaan UMKM “HYCRUNCH”, hingga sayuran SELERA NEGERIKU, dimana edamame, okra,ubi,terong,goya beku sebagai komoditas utama perusahaan telah berhasil diekspor ke negara Jepang dan Eropa

” Sitorus “Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Toba menyampaikan bahwa dirinya siap mengajak petugas dan penyuluh pertanian di Kabupaten Toba melakukan benchmark ke pabrik PT Mitratani Dua Tujuh untuk melihat potensi komoditas yang bisa dikerjasamakan.

“Melalui kolaborasi dinas pertanian, pemerintah kabupaten Toba, dan PT Mitratani Dua Tujuh, mari kita bekerja sama untuk mendorong kesejahteraan para petani, karena potensi lahan kita masih besar dan jika terus dikembangkan maka cita-cita kabupaten Toba untuk lebih maju bisa tercapai ” tuturnya.

Antusias masyarakat toba mengharapkan dukungan pemerintah untuk dapat didirikan pabrik daerahnya seperti Mitratani pengolahan hasil pertanian dapat lebih maksimal di Toba .

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *