by

Daging Hewan Terdampak PMK Aman Dikonsumsi Manusia

ENEWSINDO.co.id, Jember– Akhir-akhir ini masyarakat diresahkan dengan adanya penyakit yang menyerang hewan peliharaan, yakni sapi. Tak sedikit juga orang beranggapan bahwa sapi yang terpapar virus PMK itu akan menular pada manusia jika daging sapi tersebut dikonsumsi.

Bertepatan dengan hari raya Idul Adha Direktur RSD Kalisat Drg Nur Cahyohadi MKes, menyampaikan bahwa daging ternak terpapar Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) aman dikonsumsi manusia. Tapi, daging tersebut harus direbus dahulu dalam suhu minimal 30 menit sebelum dikonsumsi.

“Kita aman mengkonsumsi daging ternak terpapar PMK selama kita mampu cara memperlakukan daging tersebut. Karena pada prinsipnya, PMK menyerang hewan ternak hanya di area mulut dan kuku, virus terfokus di area tersebut,” ungkap Nur Cahyohadi, saat menyaksikan pemotongan hewan kurban di halaman belakang RSD Kalisat, Minggu (10/7/22).

“Jika ada hewan ternak kurban terpapar PMK, dagingnya masih aman untuk dikonsumsi. Sebab virus PMK hanya menyerang hewan tidak menular pada manusia,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, RSD Kalisat menggelar berbagi daging kurban dengan menyembelih 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing. (ok)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *