by

Bukit Kuneer Jadi Wisata Agro Pilihan Wisatawan

MALANG enewsindo.co.id- Bukit Kuneer merupakan salah satu destinasi wisata yang masih dalam kawasan Kebun Teh Wonosari milik PTPN XII. Lokasinya berada di lereng Gunung Arjuno, menyuguhkan hawa sejuk dan asri sepanjang hari. Ditambah dengan hamparan kebun teh sekitar 1.144 hektare dan pemandangan perkotaan, saat cuaca cerah.

Pagi itu, udara bersih menyehatkan paru berpadu dengan kicau burung liar menunjukkan harmonisasi alam yang seimbang di perkebunan teh Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Nurwahid, Terang Sujadi dan Hariono memacu sepeda angin miliknya untuk berkeliling kebun teh. Ketiga warga Perumahan Araya, Kota Malang, itu transit di Kafe Arjuno Geo Park untuk sarapan dan menyeruput wedang kopi. Kini, gowes di kebun teh menjadi tren kalangan muda.

“Kami rutin gowes, cari udara segar, makan, lalu pulang,” tegas Terang Sujudi.

Perkebunan lengkap dengan pabrik teh berdiri sejak zaman Belanda ini menjadi daya tarik wisata paling populer abad ini. Letaknya berada di lereng pegunungan membuat Wisata Agro Wonosari milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII tak pernah sepi pengunjung.

Di tempat lain, turis dari Slovenia menyusuri jalan setapak perkebunan teh. Pelancong dari Prancis menyusul wisatawan nusantara berbagai daerah lainnya melakukan hal serupa. Sekitar 5.000 – 6.000 wisatawan per pekan mengunjungi objek wisata setempat.

Para wisatawan begitu semringah menuju Bukit Kuneer bernilai sejarah. Pada zaman Belanda, riwayat nama Kuneer dari kebun kina dan kunyit sebelum akhirnya beralih menjadi kebun teh. Ada versi lain, tanah vulkanis di kebun itu berwarna kuning menyerupai warna kunyit sehingga disebut kuneer.

Di objek ini, wisatawan merasakan sensasi berada pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut (mdpl) tepatnya di Brak 3. Brak adalah tempat penimbangan teh. Adapun di kebun teh Wonosari ada 8 brak.

Wisatawan swafoto mengabadikan momen langka berlatar hamparan kebun teh yang menghijau di lereng Gunung Arjuno yang eksotis. Terlihat pula pekerja perempuan pemetik teh mengenakan caping beraktivitas memilih daun muda teh berkualitas kelas dunia.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Izza Aulia mengatakan baru pertama kali berwisata di kebun teh ini. Ia begitu gembira bisa menyaksikan kebun teh yang memiliki daya tarik khas.

“Saya mengetahui ada wisata Bukit Kuneer dari TikTok,” kata Izza saat berwisata bersama Ajeng yang mahasiswa IAIN Kediri.

Sedangkan sejumlah wisatawan mancanegara mengaku mengetahui Wisata Agro Wonosari dari internet. Setelah berwisata di kebun teh, mereka biasanya melanjutkan perjalanan ke Kawah Gunung Ijen Banyuwangi, Bali dan Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *