by

Dusun Gunung Remuk Desa Ketapang Di Terjang Banjir

BANYUWANGI- Lagi lagi banjir kembali menerjang perkampungan di Banyuwangi, Jawa Timur. Kali ini merendam sebagian rumah warga di Dusun Gunung Remuk, Desa Ketapang, Banyuwangi. Berdasarkan keterangan BPBD Banyuwangi, banjir terjadi pada Jumat (18/11/2022) sekitar pukul 16.00 WIB. Hingga malam, banjir terlibat masih merendam beberapa rumah warga di dusun setempat.

“Data korban terdampak banjir ada 9 KK, sebanyak 5 rumah di Dusun Gunung Remuk terendam,” kata Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito kepada wartawan. Dia menyebut, banjir diakibatkan karena sampah yang menyumbat jembatan di kawasan Dusun Gunung Remuk. Sehingga meluber hingga ke rumah warga di bantaran sungai.

“Saat terjadi hujan lebat, ada sampah yang terbawa dan menyumbat jembatan setempat. Sehingga air naik ke rumah-rumah warga,” jelasnya.

Mujito menambahkan, banjir juga membawa material kayu dan bambu. Namun, kini mulai dibersihkan menggunakan alat berat. “Alat berat dibantu PT Bromo. Sampai saat ini masih membersihkan sumbatan sampah di bawah jembatan,” cetusnya.

Selain merendam sejumlah rumah warga, banjir juga mengakibatkan pohon tumbang, sehingga pipa penyuplai air bersih untuk kebutuhan warga putus. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Untuk kerugian, sementara masih didata,” Pungkasnya.(mam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *