by

Said Noviansyah Optimis Kantor Imigrasi Jember Raih Predikat WBK

ENEWSINDO.co.id,Jember-Kepala kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Said Noviansyah optimis tahun ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Hal itu ia sampaikan usai mengikuti rapat Desk Evaluasi Zona Integritas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Oleh Tim Penilai Nasional (TPN) KemenPANRB, Rabu (28/9).

Menurut Said, Predikat WBK merupakan hal penting bagi setiap instansi pemerintah karena didalamnya terdapat enam area perubahan. Baik dalam hal inovasi, capaian kinerja utama, penguatan integritas dan mutu layanan bagi publik.

Selain perbaikan pelayanan yang berkualitas, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember juga telah mampu membuktikan kinerjanya dengan

banyak trobosan salah satunya terkait penyediaan gedung terintegritas yang mampu memberikan kenyamanan untuk masyarakat dalam melakukan berbagai dokumen keimigrasian. 

“Ada enam katagori penilaian untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi salah satunya yakni manajemen perubahan” ujar Said.

Ia berharap dengan berbagai upaya yang telah dilakukan itu, tahun ini dapat meraih predikat tersebut.

“WBK itu memang penting untuk seluruh instansi di seluruh Indonesia karena di dalam WBK itu terdapat enam bagian perubahan yang bukan hanya merubah dalam hal pelayanan saja, tapi merubah sikap tingkah laku, dan mindset seluruh pegawai,” jelasnya.

“Pembenahan dan perubahan itu sudah kita lakukan sejak tahun 2021 lalu, kami melakukan renovasi kantor ini besar-besaran. Kita rubah total. Tak terkecuali juga pelayanan termasuk pengawasan bagi WNA itu sendiri.”

Dari hasil rapat evaluasi tersebut Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember mendapat respon yang positif dari tim penilaian nasional (KemenPNRB) sebagai kantor yang memenuhi kreteria mendapat predikat WBK. (ec)