by

Rapat Timpora Imigrasi Jember Perkuat Fungsi Pengawasan Keamanan.

JEMBER enewsindo.co.id- Kantor Imigrasi Kelas l TPI Jember menggelar rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Jember guna memperkuat fungsi pengawasan untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah kabupaten Jember.

Rapat bersama yang di gelar di auditorium hotel di jalan Gatot Subroto, Kecamatan Kaliwates, Jember, Kamis (26/10/2023) diikuti sejumlah unsur instansi dan lembaga Pemerintah serta Aparat Penegak Hukum .

Bertindak sebagai narasumber, Perdemuan Sebayang¬†Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Timur Dalam kesempatan itu Erdiansyah SH. Kepala Kantor Imigrasi Kelas l TPI Jember menyampaikan,¬†“Melalui rapat kordinasi Timpora ini, Kantor Imigrasi akan lebih meningkatkan sinergitas antar instansi lain untuk menjaga keamanan dan kondusifitas di kabupaten jember menyongsong Pemilu,” tuturnya.

” Salah satu yang kita antisipasi menjelang pemilu yaitu pengawasan atas keberadaan dan aktifitas WNA yang ada di Kabupaten Jember, baik yang akan masuk maupun yang akan keluar, kita tidak menghendaki terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga berpotensi terhadap kerawanan gangguan stabilitas keamanan dan kondusifitas masyarakat,” paparnya .

Dari pemetaan Timpora, per Oktober 2023 terdata sebanyak 239 WNA yang berada di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Sumbersari, Kaliwates dan Puger.
Dari jumlah itu ada 182 WNA yang berdokumen Ijin Tinggal Terbatas (ITAS) dan 57 WNA dengan Dokumen Izin Tinggal Tetap (ITAP).

Dari hasil Rapat Timpora diharapkan koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan. Dilihat dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing .

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *