by

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, PTPN Group Serahkan Tali Asih Kepada Keluarga Letda Sujono

SIMALUNGUN enewsindo.co.id- 01 Oktober 2023 – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2023, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menyerahkan bantuan tali asih sebesar Rp10 juta kepada keluarga pahlawan revolusi, Letda Sujono.
Bantuan tersebut diserahkan oleh General Manajer Distrik Serdang I PTPN III (Persero), Hadi Saputra, kepada keluarga korban usai pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipusatkan di Komplek Tugu Letda Sujono Bandar Betsy, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (1/10/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Dr. Hassanudin didampingi Wakil Bupati Simalungun, H.Zonny Waldi, Forkopimda Provinsi Sumut, dan pejabat lainnya.

Hadi menyampaikan, pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah, BUMN, khususnya PTPN III (Persero) terhadap perjuangan Alm. Letda Sujono yang telah berkorban demi utuhnya nilai-nilai Ideologi Pancasila, khususnya di Sumatera Utara.

“Mudah-mudahan tali asih yang kami berikan dapat bermanfaat bagi keluarga Alm. Letda Sujono”, ujar Hadi.

Dalam kesempatan yang sama, tali asih senilai Rp10 juta, juga diberikan oleh PTPN IV, salah satu anak usaha Holding Perkebunan Nusantara, yang diserahkan secara simbolis oleh General Manager Unit Group III, Raja Suandi Dayan Purba, didampingi Manajer Kebun Dolok Ilir, Ima Sulastri.

“Letda Sujono adalah sosok pemberani yang telah bertaruh nyawa untuk mempertahankan NKRI. Oleh karena itu patut bagi PTPN IV memberikan hormat sebesar-besarnya kepada keturunan-keturunan beliau,” ujar Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Mulianto.
Mulianto mengatakan, bahwa Letda Sujono sebagai salah satu tokoh pahlawan revolusi tak hanya berjasa bagi NKRI, khususnya Sumatera Utara, tetapi juga berjasa dalam menjaga Perusahaan Perkebunan Negara (PPN) Karet IX Bandar Betsy, kala itu.

“Mari kita berdoa supaya almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga serta keturunannya kini, diberi keberkahan dalam hidup,” ungkap Mulianto.
Tahun ini, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Provinsi Sumatera Utara dipusatkan di Tugu Letda Sujono PTPN III (Persero) Kebun Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun. Upacara sebagai salah satu rangkaian kegiatan berlangsung khidmat dengan dipimpin Ispektur Upacara Pj. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Hassanudin. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Letkol. Inf. Fernando Batubara serta Perwira Upacara Letkol.Caj. Dina Aswita.
Kegiatan ini dihadiri Forkopimda bersama anggota DPRD Sumut, Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi, Forkopimda dan anggota DPRD Simalungun, para pejabat Pemprovsu dan Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar, pimpinan BUMN dan BUMD, serta keluarga almarhum Letda Sujono dan masyarakat yang antusias menyaksikan upacara.
Kegiatan upacara diawali mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan Pembacaan teks Pancasila yang dipimpin Inspektur Upacara. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 yang dibacakan Anggota Kwarcab Simalungun, siswa SMAN 1 Bandar Muhammad Nur Fazli.
Rangkaian kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Kebulatan Tekad mempertahankan nilai-nilai Ideologi Pancasila oleh Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa Nasution. Dan diakhiri pembacaan Doa oleh kepala Kementerian Agama Kabupaten Simalungun, Dr. Ahmad Sofyan Batubara.
Usai melaksanakan Upacara Pj. Gubsu Dr Hassanudin didampingi Wakil Bupati .

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *