by

MK Kabulkan Gugatan Cak Salam Untuk Hitung Ulang Pemilu Legislatif

JEMBER enewsindo.co.id – Akhirnya Pemilu legislatif tahun 2024 memasuki babak baru dengan dikabulkannya Gugatan dari pemohon Abdul Salam yg maju di kursi DPR RI Dapil IV Jawa Timur Jember – Lumajang.

Mahkamah Konstitusi telah memutuskan yang di tuangkan dalam amar putusannya dan di bacakan langsung oleh Ketua MK Suharto yo di muka sidang MK pada senin ( 10/06/2024 )

“, Mengabulkan sebagian permohonan pemohon, untuk perhitungan ulang di Dapil Jatim Empat Romawi ( IV ) dan DPRD Pamekasan Dapil Pamekasan Dua”.

Dengan di keluarkannya putusan tersebut MK mengabulkan permohonan pemohon yaitu Abdul Salam calon legislatif dari Partai Amanat Nasional dari Dapil Jember – Lumajang, untuk difasilitasi KPU guna melakukan perhitungan ulang di 105 TPS di 6 Desa di wilayah kecamatan Sumber yang tersebar di 6 Desa.

Abdul Salam atau panggilan akrabnya Cak Salam saat dihubungi lewat sambungan Whats App ( WA) belum bisa mengomentari banyak karena sedang menjalankan ibadah Haji di Tanah Suci.

“, Mohon maaf saya masih Ibadah ya mas, mohon maaf “, terang Salam dalam voice note nya kepada media ini.

Untuk mendapatkan kepastian kaitan perhitungan ulang tersebut media ini mencoba mengklarifikasi kepada pihak Komisioner KPUD Jember.

Hanafi salah satu komisioner KPUD saat dihubungi via WA menyampaikan bahwa kaitan tindak lanjut putusan MK, media di arahkan kepada Desy Komisioner KPUD untuk bagian Hukum.

“, Utk pelaksanaan putusan MK msh menunggu arahan dr KPU RI”, terang Desy via komunikasi WA.

Saat dikonfirmasi terkait anggaran dan hari pelaksanaan kegiatan hitung ulang, Desy secara normatif juga menjawab.

_”, Utk waktu pelaksanaan putusan MK 15 hari kerja sejak di bacakannya putusan, arahan KPU RI segera sblm batas waktu terakhir dan Terkait tehnisnya itu stlah ada arahan di KPU RI”,_ jawab Desy kepada media ini.

Saiin selaku Ketua Komisioner KPU masih belum menjawab pertanyaan dari ENEWSINDO terkait persiapan KPUD Jember terkait putusan MK. ( Ian)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *