by

Media Gathering di De Djawatan Benculuk, Gaungkan Sinergi Membangun Banyuwangi

BANYUWANGI, enewsindo.co.id – Media Gathering yang digelar di destinasi De Djawatan, Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, yang diinisiasi Perhutani KPH Banyuwangi Selatan dan PT Bumi Suksesindo (PT BSI), berlangsung penuh keakraban. Dalam kesempatan tersebut, selaku pemrakarsa, baik Perhutani maupun PT BSI mengajak para jurnalis dan awak media untuk menggaungkan semangat Sinergi Membangun Banyuwangi.

Pada raksasa yang digelar pada Sabtu, 23 September 2023 tersebut, ada tuan rumah Administratur (ADM) Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Wahyu Dwi Hadmojo beserta jajaran dan Public Relations Superintendent PT BSI, Herastuti, selaku perwakilan pimpinan serta manajemen anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk .

Hadir pula ADM Perhutani KPH Banyuwangi Barat, Dedi Siswandhi, ADM Perhutani KPH Banyuwangi Utara, Prasetyo Lukito dan Perwakilan PT Palawi Risorsis, anak perusahaan Perhutani yang bertugas mengelola destinasi wisata, termasuk De Djawatan.

Selain itu ada perwakilan Balai Taman Nasional Alas Purwo serta perwakilan Tim Terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, antara lain Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Muhammad Lutfi, Wakasat Intelkam dan Wakasat Reskrim Polresta Banyuwangi.

Dari unsur jurnalis atau media, ada dari media cetak dan elektronik serta tergabung di sejumlah organisasi dan komunitas. Diantaranya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) banyuwangi, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) banyuwangi, komunitas Jurnalis banyuwangi selatan (JBS) dan lainnya.

Sepanjang acara, mereka tampak berbaur tanpa sekat. Yang pertama kali bertemu, saling berkenalan. Keakraban pun terbangun penuh kehangatan. Apalagi kegiatan tesebut dibumbui dengan lomba-lomba yang penuh keceriaan dengan berbagai hadiah menarik yang disiapkan panitia dan dalam suasana euforia bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami sangat senang bisa bersilaturahmi, mempererat hubungan dengan para pihak yang berkaitan dengan tugas profesi sehari-hari. Harapan kami, apa yang diinisiasi Perhutani KPH Banyuwangi Selatan dan PT BSI ini bisa dilakukan oleh instansi serta perusahaan lainnya,” ucap Happy Oktavia, jurnalis TV One Banyuwangi, sekaligus Bendahara IJTI Banyuwangi.

ADM Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Wahyu Dwi Hadmojo, mengaku senang bisa bertatap muka dan bersilaturahmi langsung dengan para awak media. Menurutnya, Media Gathering dengan tema ‘Sinergi Membangun Banyuwangi’ merupakan momentum yang spesial. Mengingat awak media adalah corong yang efektif dalam mensosialisasikan program, prestasi hingga prestasi yang ditorehkan oleh instansi pemerintah maupun swasta.

Tak terkecuali Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Barat dan Utara. Maupun PT BSI, sebagai pelaku investasi di Bumi Blambangan.

“Dengan kebersamaan, komunikasi yang baik dan jalinan sinergitas, kami optimis pembangunan lintas sektor di Banyuwangi akan berjalan lebih cepat,” ujarnya.

Wahyu berharap, hubungan baik yang telah terbentuk bisa terus ditingkatkan. Tanpa mengurangi independensi profesi jurnalis dan media. Dia pun mengakui bahwa kritik dan masukan dari awak media sangat dibutuhkan sebagai bahan berbenah serta penyempurnaan program dan kinerja.

Inspektur Humas PT BSI, Herastuti menyampaikan, media merupakan sarana komunikasi dan edukasi terhadap masyarakat. Peran media juga sebagai kontrol perusahaan untuk terus memperbaiki diri. Guna terus memberi manfaat kepada masyarakat. Baik masyarakat ring satu Kecamatan Pesanggaran maupun Banyuwangi.

“Semoga silaturahmi, hubungan baik dan kolaborasi antara perusahaan beserta rekan-rekan media terus terjaga, semakin baik lagi dan semakin kuat,” ujarnya.

Sementara Tim Terpadu Pemkab Banyuwangi, yang diwakili Plt Bakesbangpol Banyuwangi, Muhamad Lutfi memberikan apresiasi kepada awak media. Menurutnya, selama ini peran jurnalis sangat penting dalam mendorong percepatan pembangunan. Media melalui para jurnalis pun banyak membantu pemerintah daerah ketika terjadi konflik di masyarakat.

“Mudah-mudahnya langkah dan komitmen kita semua merupakan wujud cinta kepada tanah air dan menjadikan Banyuwangi selalu kondusif,” ungkap Lutfi.

Pada Giat Media Gathering itu, juga dilakukan pelepasan puluhan burung merpati sebagai lambang cinta, kesetiaan, kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *