by

Inovasi Tiada Henti, Regional 5 PTPN I Raih 3 Penghargaan Top Digital Awards 2023

JAKARTA enewsindo.co.id – PT Perkebunan Nusantara XII yang saat ini sudah melebur menjadi Regional 5 PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I) berhasil meraih tiga penghargaan dalam penganugerahan IT Works Top Digital Awards 2023 di Hotel Raffless, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Melanjutkan trend positif dari tahun 2022, pada tahun ini Regional 5 PTPN I kembali meraih penghargaan pada 3 kategori.

Diantaranya Top Leader on Digital Implementation 2023 yang diraih oleh Ibu Siwi Peni selaku Direktur PT Perkebunan Nusantara XII, Top Digital Implementation 2023 Star 5, dan Special Recognition 2023 On IT Maturity Improvement.

Top Digital Award sendiri merupakan ajang penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta Solusi Digital yang dihelat majalah ItWorks bekerja sama dengan sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia.

Pada tahun 2023, acara ini mengusung tema Cyber Security dan IT Governance.

Penghargaan yang diterima oleh Regional 5 PTPN I ini berkat inovasi yang dilakukan dalam memanfaatkan teknologi.

Ada tujuh inovasi yang sudah diterapkan di perusahaan ini. Pertama, Marketing and Sales Optimalization, yakni peningkatan kapabilitas pemasaran dan penjualan mengunakan analisis data yang komprehensif dengan dukungan teknologi dan tools yang relevan

Kedua, Sustainable Agriculture, yakni peningkatan traceability yang dihasilkan dan memberikan nilai tambah kepada konsumen akhir.

Ketiga, On-Farm Digitalization. Yakni penerapan teknologi di sepanjang proses On-Farm untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan mulai dari proses pembibitan hingga pengiriman ke pabrik.

Ke empat, Off-Farm Digitalization, yakni penerapan teknologi dalam proses Off-Farm untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis selama hasil tanam diolah di pabrik hingga dikirim keluar pabrik.

Kelima Back Office Improvement, yakni peningkatan kapabilitas aplikasi office agar mendukung proses bisnis PTPN Group secara lebih efisien dan efektif.

Keenam, Compliance and Internal Control Improvement, yakni peningkatan kepatuhan dan pengendalian internal terhadap regulasi dan standar pengelolaan TI yang berlaku.

Ketujuh, IT Reinforcement & System Optimization, yakni penguatan fungsi TI pada sistem dan aplikasi yang sudah ada dengan penambahan fitur atau fungsi baru yang lebih relevan dengan kebutuhan bisnis saat ini.

Ketua Dewan Juri TOP Digital Awards 2023, Prof. Dr. rer. nat. Achmad Benny Mutiara, Q. N. SSi, S.Kom mengatakan TOP DIGITAL Awards ini selain kegiatan penilaian untuk pemberian penghargaan bidang implementasi teknologi digital, juga merupakan kegiatan pembelajaran.

Hal ini karena pada sesi akhir wawancara penjurian, dewan juri juga memberikan pendapat, saran dan masukan kepada para peserta yang bisa dijadikan feedback untuk mendukung inovasi digitalisasi ke depan.

“Kegiatan TOP DIGITAL Awards yang diselenggarakan oleh majalah ItWorks ini, sangat selaras dengan arah kebijakan Presiden RI, yakni percepatan transformasi digital guna mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, baik di instansi pemerintahan, korporasi bisnis, maupun institusi lainnya,” ujar dia.

Menurut dia, Transformasi Digital umumnya dijalankan dalam upaya suatu organisasi mendongkrak efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan publik, kinerja bisnis dan operasional, serta layanan kepada pelanggan.

Menurutnya, agar transformasi digital yang sukses tetap bisa diwujudkan, maka perlu fokus pada tiga hal.

Pertama, pada kualitas digitalisasi, bukan sekedar kuantitas. Kedua Integrasikan upaya transformasi digital dengan seluruh aktivitas organisasi.

Ketiga, tetap memperhatikan kondisi eksternal, seperti ekonomi, pasar, kompetisi, dan perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat/konsumen. Keempat adalah manajemen keamanan informasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *