by

Imigrasi Jember Hadirkan Layanan Paspor Simpatik Di Akhir Pekan

JEMBER enewsindo.co.id Imigrasi kembali hadirkan layanan PASPOR SIMPATIK, yakni pelayanan paspor setiap akhir pekan (Sabtu/Minggu) selama bulan januari 2023. Kebijakan tersebut diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-73 yang akan jatuh pada tanggal 26 Januari 2023. Secara garis besar PASPOR SIMPATIK adalah layanan paspor yang dilakukan di hari Sabtu/Minggu dengan kuota paspor walk-in yang ditentukan oleh kantor imigrasi. Layanan ini diberikan mencermati permohonan paspor yang terus meningkat, sekaligus memfasilitasi masyarakat yang hanya memiliki waktu di akhir pekan.

Layanan ini merupakan langkah nyata dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk mewujudkan wajah “Imigrasi baru, untuk Indonesia semakin maju” yakni sesuai dengan tema Hari Bhakti Imigrasi ke-73.

Rizki Putra Kepala subseksi dokumen perjalanan

Rizki Putra Kepala subseksi dokumen perjalanan menyampaikan,” Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim pada Minggu (08/01/2023) yaitu dilaksanakannya layanan PASPOR SIMPATIK dengan kuota sebanyak 20 (dua puluh) pemohon untuk layanan paspor baru dan penggantian paspor ” tuturnya.

Adanya Layanan Paspor Simpatik ini disambut dengan suka cita oleh masyarakat yang hendak mengurus paspor namun tidak memiliki waktu di hari Senin-Jumat. Seperti yang dirasakan oleh Nina, salah seorang pemohon layanan PASPOR SIMPATIK yang menyebutkan bila layanan tersebut sangat membantunya karena kesibukan baru memiliki waktu di hari Minggu lantaran merupakan hari liburnya bekerja.

“Saya sangat puas dengan adanya layanan ini, sangat membantu, apalagi anak saya kalau senin sampai Jumat juga sekolah, harus libur dulu kalau mau mengurus paspor, ya.. sering-sering lah diadakan layanan ini”, pungkasnya.
Untuk mendapatkan layanan PASPOR SIMPATIK, masyarakat tidak perlu mendaftar antrean paspor secara online melalui aplikasi m-paspor, namun langsung datang ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim (walk-in) dengan membawa berkas persyaratan asli dan difotokopi ukuran A4. Layanan ini dibuka sejak pukul 09.00 WIB s.d. 12.00 WIB. Layanan PASPOR SIMPATIK tidak melayani pengurusan paspor hilang, rusak, perubahan data, maupun serah paspor.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *