by

Direktur PTPN XII Apresiasi Pemkab Banyuwangi Kolaborasi Banyuwangi Festival 2023

Banyuwangi enewsindo.co.id, –

Festival Cokelat Banyuwangi 2023 kembali digelar di Doesoen Kakao kawasan Perkebunan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII kebun Kendenglembu, Kecamatan Glenmore, pada Sabtu (11/3) hingga Minggu (12/3).

Festival tahunan ini menyuguhkan serba-serbi dunia kakao-cokelat mengingat Banyuwangi merupakan penghasil cokelat terbaik di dunia. Dalam kegiatan ini sekaligus dirilis paket berwisata Doesoen Kakao Glenmore .

Festival 2023 dikemas dengan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Bermacam atraksi , lomba lari Kakao Run, lomba gebyar Tari Barong, pertunjukan paralayang, hingga lomba kuliner olahan cokelat memeriahkan festival Kakao.

Direktur PTPN XII bersama Bupati Banyuwangi saat maninjau stan UMKM

Direktur PTPN XII Siwi Peni, S. Si. MM dalam sambutannya menyampaikan Festival Cokelat Glenmore merupakan pagelaran pesta rakyat yang merupakan hasil kolaborasi dengan melibatkan Pemerintah kabupaten ( pemkab ) Banyuwangi, PTPN, dan masyarakat.

Siwi Juga mengapresiasi kolaborasi yang pemkab Banyuwangi terhadap PTPN XII khususnya untuk membangkitkan pariwisata di Banyuwangi serta untuk menumbuhkan ekonomi dan UMKM.

Siwi berharap, Festival Cokelat Banyuwangi yang digelar setiap tahun dapat memajukan agrowisata di Banyuwangi.

Doesoen Kakao yang dikelola PTPN XII memiliki luas lahan perkebunan sekitar 223 hektare untuk tanaman kakao edel serta destinasi wisata edukasi bagi Masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, Festival Kakao Banyuwangi merupakan salah satu festival yang ditunggu-tunggu masyarakat.

” Saya berharap, festival ini akan terus menguatkan posisi Banyuwangi sebagai salah satu daerah penghasilan kakao terbaik di dunia yang menghasilkan kakao edel (Fine cocoa), yang menjadi salah satu varian kakao terbaik dan termahal ” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *