by

Di Jombang Ada Beasiswa Antarkan Santri Study Luar Negeri

JOMBANG enewsindo.co.id – Pesantren Bertaraf Internasional (PBI) Giri Majdi yang berlokasi di Dusun Bedok, Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur membuka pendaftaran jalur beasiswa untuk santri baru.

Tak tanggung-tanggung, beasiswa dengan tajuk ‘Santri Kader Ulama Internasional’ tersebut senilai Rp. 112.000.000,- per siswa.

“Nilai Rp. 112.000.000,- adalah mulai masuk hingga lulus, itu sudah termasuk biaya hidup, biaya pesantren dan sekolah,” kata Direktur Pendidikan Formal PBI Giri Majdi Jombang Elisa Nurul Laili, Kamis (25/4/2024).

Ia merinci, santri dibebaskan 100% dana pendidikan meliputi dana asrama, infaq gedung dan sarana ibadah, perawatan fasilitas pesantren, MOS pondok dan sekolah, SPP selama study didalamnya meliputi SPP pondok, SPP sekolah, jasa boga, listrik, air, internet dan E-Learning.

Ustadzah Elisa menjelaskan, beasiswa ini diprioritaskan untuk masyarakat kurang mampu dan ingin masuk di pendidikan bertaraf internasional dan melanjutkan kuliah ke luar negeri.

“Jadi outputnya nanti adalah mencetak santri menjadi kader ulama internasional, bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri,” jelasnya.

Adapun persyaratan beasiswa, Ustadzah Elisa membeberkan, harus berasal dari Provinsi Jawa Timur dibuktikan dengan akta kelahiran atau kartu keluarga, mengisi form pendaftaran online santri baru, menyertakan bukti prestasi akademik (Olimpiade, ICAS, OSN, karya tulis ilmiyah dll) bukti prestasi tahfidz Al-Qur’an atau bukti prestasi non akademik lainnya, surat rekomendasi dari PCNU/MWC NU setempat.

Lanjut dia, memiliki surat keterangan tidak mampu dan atau surat keterangan yatim, surat keterangan penghasilan orang tua, bagi beasiswa SMP mengumpulkan FC rapor kelas 4 dan 5, bagi beasiswa SMA mengumulkan FC rapor kelas 7 dan 8, bagi beasiswa yang sudah lulus SMA mengumpulkan FC ijazah dan transkip nilai, maksimal usia 21 tahun pada saat mendaftar dan terakhir adalah angket perkembangan psikologis siswa.

“Selanjutnya ada seleksi, tes akademik, tes Al-Qur’an, tes membaca kitab, tes bahasa dan tes wawancara,” sambungnya.

Adapun jadwal seleksi, Ustadzah Elisa menyebut, pendaftaran dibuka pada tanggal 25 April s.d 15 Mei 2024, tes masuk calon santri/siswa beasiswa tanggal 18-19 Mei 2024, pengumuman hasil tes tanggal 22 Mei 2024 dan daftar ulang tanggal 1-5 Juni 2024.

“Untuk kuota beasiswa, sebanyak 30 santri/siswa, dengan rincian jenjang SMP 5 putra dan 5 putri, jenjang SMA 5 putra dan 5 putri dan pasca SMA 5 putra dan 5 putri,” ungkapnya.

“Bagi yang berminat, orang tua, atau saudaranya yang ingin mendaftarkan putra-putrinya silahkan, kuota terbatas dan 100% gratis, untuk selangkapnya bisa menghubungi panitia di nomor Whatsapp 085231391011,” tandasnya.